Teleskop Terbesar di Dunia Ini Akan Siap Deteksi "Kehidupan Alien"


Manis77 - Keberadaan alien atau makhluk asing di planet lain masih jadi teka-teki banyak kalangan. Termasuk para ilmuwan di China yang begitu bersemangat dalam usaha pencarian ini. Apalagi setelah negara itu merampungkan pembangunan teleskop terbesar di dunia pada minggu ini.

Dengan lebar 500 meter di mangkok berukuran 30 kali lapangan sepakbola, teleskop ini mampu mendeteksi sinyal radio dan tanda-tanda kehidupan di planet lainnya. "Teleskop terbaru China akan mampu melihat lebih cepat dan lebih jauh daripada pencarian makhluk asing waktu dulu," kata Presiden METI International, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mendeteksi keberadaan alien, Douglas Vakoch kepada CNN.


Dibangun di sebuah lubang dalam lanskap pegunungan di barat dayaChina, teleskop bernama FAST ini bakal mulai beroperasi pada 25 September 2016. Pengoperasiannya ditandai dengan proses yang dikenal para astronom sebagai 'cahaya pertama' atau ketika teleskop pertama kali membuka mata dan mengambil gambar dari alam semesta.

Dilansir dari Kompas.com, lokasi pembangunan teleskop FAST berada di Provinsi Guizhou China. Dan menjadi satu dari 400 tempat yang disurvei para peneliti selama lebih dari 10 tahun. Lembah berbentuk cangkang telur dan pegunungan di sekitarnya memberikan sebuah pelindung guna melawan gangguan frekuensi radio. 
Teleskop Terbesar di Dunia Ini Akan Siap Deteksi "Kehidupan Alien" Teleskop Terbesar di Dunia Ini Akan Siap Deteksi "Kehidupan Alien" Reviewed by Unknown on 3:11:00 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.