Ternyata Pesepeda di Denmark Miliki Keistimewaan Khusus


Manis77 - Bagi rakyat yang tinggal di suatu negara, lingkungan aman dan ramah menjadi kunci kebahagiaan tersendiri.

Seperti halnya di Kota Kopenhagen, Denmark, para warganya terlihat bahagia.

Berkat pemerintah Denmark sangat memanjakan warganya yang menggunakan sepeda, pesepeda di Kopenhagen memiliki keistimewaan.

Saat pejalan kaki melintasi jalur sepeda lalu tertabrak. Pesepeda bisa menyalahkan si pejalan kaki. Mereka bisa menuntut pejalan kaki karena salah melintasi jalur sepeda.

Kebijakan istimewa memang turun dari Pemerintah Denmark. Hal ini didukung mayoritas warga Kopenhagen yang lebih senang menggunakan sepeda daripada kendaraan pribadi.


Mereka menggunakan sepeda, seperti ke sekolah maupun pergi bekerja.

Dari beberapa pengakuan warga Kopenhagen, waktu tempuh menggunakan sepeda justru lebih cepat, terlebih lagi kalau jalan raya sedang padat kendaraan.

Menurut Edgin, mayoritas warga Kopenhagen lebih senang menggunakan sepeda ketimbang menggunakan kendaraan pribadi untuk aktivitas sehari-hari.

Seperti ke sekolah, kampus atau pun bekerja. Tak heran jika banyak pesepeda di Kopenhagen yang berpakaian necis dengan jas atau kemeja.

Ada sebuah pembatas jelas yang memisahkan antara pesepeda dengan pengguna kendaraan bermotor. Dengan pembatas tersebut, pesepeda tentu akan merasa nyaman dan aman.

Di Kopenhagen setidaknya panjang jalur sepeda mencapai 180 kilometer lengkap dengan rambu-rambu khusus lalu lintas
pesepeda. Ada juga tempat parkir yang begitu nyaman bagi sepeda.

Bukan tanpa alasan ketika pemerintah Denmark begitu memanjakan pesepeda.

Sebuah riset yang dilakukan oleh pemerintah setempat pada tahun 2013 lalu menunjukkan bahwa dengan bersepeda bisa menghemat anggaran hingga USD 34 juta pertahunnya.
"Kalau kamu bisa berkeliling Kopenhagen dengan sepeda yang murah, hemat, kenapa harus naik mobil pribadi?" kata Edgin.
Ternyata Pesepeda di Denmark Miliki Keistimewaan Khusus Ternyata Pesepeda di Denmark Miliki Keistimewaan Khusus Reviewed by Unknown on 2:37:00 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.