'Istana Terbang' Mewah, Intip Bagian Dalam Pesawat Para Miliarder


Manis77 - Kamar tidur dengan sentuhan klasik yang elegan, dengan kasur empuk ukuran king-size dan furnitur kelas atas; persediaan minuman champagne melimpah; dan pemandangan langit biru yang luar biasa. 

Mungkin Anda mengira, itu adalah deskripsi sebuah suite hotel bintang lima, namun nyatanya itu adalah kabin pesawat Airbus A330 VIP yang segera diluncurkan. 

Dibanderol seharga US$ 200 juta atau Rp 2,59 triliun, kapal terbang itu layak dijuluki 'istana terbang' bagi kaum '1 persen'.


Pesawat tersebut saat ini sedang dilengkapi oleh Comlux, perusahaan Swiss yang punya spesialisasi mendesain, melengkapi, dan mengoperasikan kabin jet-jet korporat secara mewah dan 'berseni'. 

Permintaan pesawat pribadi, dengan kemewahan yang hanya bisa dibayangkan orang awam, melonjak dalam beberapa dekade terakhir, seiring peningkatan dramatis jumlah miliarder dan jutawan di dunia. 

Pesawat pribadi mungkin dianggap 'hal biasa' bagi kaum tajir -- moda transportasi itu sudah hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk, namun pesawat VIP punya status lebih tinggi.


Untuk melayani pasar ini, sejumlah perusahaan pesawat besar mengembangkan versi korporat dari kapal terbang mereka yang terlaris di pasaran. 

Boeing punya Boeing Business Jet (BBJ), sementara rival kuatnya asal Eropa memiliki Airbus Corporate Jet (ACJ).

Varian produk mereka merupakan konfigurasi khusus dari Airbus A320 dan Boeing 737. Namun, mereka yang berkantung tebal juga memesan yang lebih besar seperti Boeing 747 dan Airbus A340 atau versi teranyar Boeing 787 dan Airbus A350.

Sementara, Comlux bertugas melengkapinya untuk melayani kebutuhan para pelanggan spesial.


"Wajar jika perusahaan seperti Airbus dan Boeing punya divisi khusus untuk melayani klien VIP" kata CEO Comlux, Richard Gaona seperti dikutip dari CNN, Senin (10/10/2016). 

"Pasar ini adalah soal emosi. Bukan hal luar biasa jika klien menghubungi Anda tengah malam, untuk mendiskusikan rincian dekorasi pesawat."

Saat ini ada sekitar 300 pesawat yang dikonfigurasi untuk VIP yang terbang ke seluruh dunia. 

Beberapa di antaranya adalah milik pemerintah, yang digunakan untuk menerbangkan kepala negara dan rombongan mereka. 


Air Force One, pesawat kepresidenan Amerika Serikat mungkin adalah yang termahsyur, namun sejumlah negara juga punya kapal terbang semacam itu.

Perusahaan besar dan para individu super-kaya juga menjadi pasar bagi segmen paling atas dalam industri penerbangan. 

"Sejumlah orang yang terbang dengan jet korporat atau VIP mungkin memiliki pesawat pribadi yang lebih kecil untuk perjalanan bisnis tunggal, tapi mereka mungkin membeli atau menyewa pesawat yang lebih besar saat terbang dengan keluarga dan rombongan besar mereka," tambah Gaona.
'Istana Terbang' Mewah, Intip Bagian Dalam Pesawat Para Miliarder 'Istana Terbang' Mewah, Intip Bagian Dalam Pesawat Para Miliarder Reviewed by Unknown on 5:09:00 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.